PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN KETABANG SURABAYA

Permani, Wiji (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (699kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (16kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (44kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata,
Motivasi Belajar.
Model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata adalah model
pembelajaran yang menggunakan kartu, dimana kartu-kartu tersebut
terdiri dari kartu soal dan kartu jawaban. Hal menarik dari model
tebak kata adalah model ini seperti permainan, tidak membosankan,
dan terasa menyenangkan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata terhadap motivasi
belajar peserta didik kelas V SDN Ketabang Surabaya. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket untuk
mengukur motivasi belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) 0,000 <
0,05 maka ditolak, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe tebak kata terhadap motivasi belajar peserta didik
kelas V SDN Ketabang Surabaya. Selain itu, rata-rata nilai kelas
eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen
memiliki rata-rata nilai sebesar 88,2703 dan kelas kontrol memiliki
rata-rata nilai sebesar 75,1429.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:08
Last Modified: 20 Dec 2022 13:56
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item
View Item