AULADAH, IZZATUL (2020) IDENTIFIKASI KARAKTER RELIGIUS, MANDIRI DAN DISIPLIN PADA SISWA DI SDN SEDATIGEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (373kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (297kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (15MB)
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (658kB)
Abstract
Kata kunci: karakter religius, karakter mandiri, karakter disiplin
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pendidikan moral
disekolah bagi siswa, sekolah adalah tempat dalam proses
pembiasaan diri, mengenal dan mematuhi aturan bersama dan proses
pembentukan identitas diri, sekolah adalah tempat sosialisasi kedua
setelah keluarga. Ditempat ini para siswa dirangsang pertumbuhan
moralnya karena berhadapan dengan cara bernalar dan bertindak
moral yang mungkin berbeda dengan apa yang selama ini dipelajari
dari keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakter
religius, mandiri, dan disiplin peserta didik dan mendeskripsikan
karakter religius, mandiri, dan disiplin peserta didik di SDN
Sedatigede II Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II C dan kelas IV B.
Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi dan
wawancara terstruktur. Keabsahan data yang digunakan peneliti
adalah diyakini benar melakukan penelitian langsung.
Hasil penelitian yang ditemukan ini terdiri dari dua kelas
yaitu IIC dan IV B dengan masing-masing karakter religius siswa
kelas II adalah sangat baik, karakter mandiri siswa kelas II adalah
sangat baik, karakter disiplin siswa kelas II adalah sangat baik,
karakter religius siswa kelas IV adalah baik, karakter mandiri siswa
kelas IV adalah baik, karakter disiplin siswa kelas IV adalah baik.
Hasil data ini diperoleh dari prosentase dan langsung wawancara
untuk mendapatkan data yang valid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 03:32 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 13:55 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1858 |