PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS 4C TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA

ANWAR, HAIRUL (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS 4C TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan..pdf] Text
1. Halaman Depan..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (553kB)
[thumbnail of 2. Abstrak..pdf] Text
2. Abstrak..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (82kB)
[thumbnail of 3. BAB I..pdf] Text
3. BAB I..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (207kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran..pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: model pembelajaran discovery learning, 4C, Hasil
Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui aktivitas siswa
dalam model pembelajaran discovery learning berbasis 4C. (2)
mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning
berbasis 4C terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Tenggilis
Mejoyo I Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif
dengan metode quasi exsperimental design dengan desain
Nonequivalent posttest-only design. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Sampel diambil
menggunakan probability sampling dengan teknik cluster sampling
(area sampling), sehingga didapat kelas V-A sebagai kelas
eksperimen, dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
yang digunakan observasi dan tes. Data observasi dianalisi
menggunakan skor sedangkan data tes menggunakan uji non
parametriks t test pada taraf signifikansi (α) 5% atau 0,05
Hasil penelitian yang diperoleh (1) aktivitas siswa dalam model
pembelajaran discovery learning berbasis 4C dapat dikategorikan
sangat baik. (2) Hasil dari penelitian bahwa uji hipotesis
menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka H0
ditolak dan HI diterima dengan μ1 ≠ μ2 yang artinya ada pengaruh
model pembelajaran discovery learning berbasis 4C terhadap hasil
belajar siswa kelas V SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:37
Last Modified: 20 Dec 2022 13:54
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1860

Actions (login required)

View Item
View Item