Harningtyas, Desanti Eka (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESMENT SATISFACTION) DENGAN BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ENGKLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KEBOAN ANOM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (689kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (284kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (186kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kata kunci: Model pembelajaran ARIAS, Media permainan engkle,
hasil belajar.
Penggunaan model pembelajaran yang mungkin dapat
menurunkan minat belajar dan membosankan, hal tersebut dapat
memicu pencapaian hasil belajar yang kurang maksimal. Hal ini
mendorong untuk dilakukannya penelitian dengan penggunaan
model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa saat proses
pembelajaran pada tema 3 subtema 1 pb 1. Penelitian bertujuan
untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance,
Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dengan berbantuan
media permainan engkle terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN
Keboan Anom.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
rancangan quasi experimental design menggunakan bentuk
Nonequivalent posttest- only design. Sampel dari penelitian yaitu
siswa kelas IV B 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A
36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan post- test. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan
uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji validasi
RPP memperoleh rata- rata 4,2 kategori sangat baik, uji validasi THB
3,9 kategori valid dan sangat dapat dipahami, uji validasi media
pembelajaran 3,6 kategori sangat baik. Dari hasil uji validasi
dinyatakan layak digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa uji homogenitas diperoleh signifikan 0,05 dan
dinyatakan data tersebut homogen. Uji normalitas diperoleh hasil
kelas eksperimen 0,018 dinyatakan data tersebut tidak normal dan
kelas kontrol 0,003 dinyatakan data tersebut tidak normal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 04:47 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 13:41 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1883 |