PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI SDN KEBONDALEM MOJOSARI

AYUNINGTYAS, DWI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI SDN KEBONDALEM MOJOSARI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (795kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (152kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (286kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, pengukuran waktu, model
pembelajaran talking stick.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan
berpikir kritis siswa pada materi pengukuran waktu siswa kelas V
SDN Kebondalem Mojosari. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen desing (one
group pretest-posttest). Penelitian ini dilakukan hanya satu
pertemuan. Sampel dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V
SDN Kebondalem Mojosari berjumlah 28 siswa. Variabel bebas
dalam penelitian in adalah model pembelajaran talking stick
sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis.
Instrumen penelitian ini menggunakn tes tertulis berupa soal uraian.
Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara tes yaitu pretes
dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah analisis persentase,
uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.
Analisis data yang diperoleh dari hasil perhitungan tersebut yaitu
thitung 7,6 > ttabel 2,051 untuk taraf signifikan 5%, sehingga H0 ditolak
dan Ha diterima artinya ada pengaruh model pembelajaran Talking
Stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN
Kebondalem Mojosari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:10
Last Modified: 20 Dec 2022 12:34
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item
View Item