PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING KELAS IV SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA

Susanti, Eka (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING KELAS IV SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN fix.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (543kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (306kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (167kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (18MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: think talk write, critical thinking, ipa
Penelitian ini didasarkan kenyataan di lapangan, siswa
mengalami kesulitan saat berdiskusi karena tidak adanya bahan atau
catatan kecil berupa ide dan solusi yang diperoleh. Hal ini akibat dari
kurangnya kemampuan critical thinking siswa. Khususnya dalam
mata pelajaran IPA, dimana memuat permasalahan yang harus
dihadapi oleh siswa. Maka dari itu, dibutuhkan model pembelajaran
yang dapat menunjang kemampuan critical thinking siswa. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think
Talk Write terhadap kemampuan critical thinking siswa kelas IV
SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan
rancangan penelitian Quasi Experimental Design-Posttest Only
Control Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV
yang berjumlah 60, dengan menggunakan Purposive Sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sedangkan teknik
analisis data menggunakan uji-t yang didahului dengan uji prasyarat
berupa uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa thitung = 2,30 dan
ttabel = 2,00 sehingga thitung > ttabel atau thitung < -ttabel dengan taraf
signifikansi 5%, maka H0 ditolak. Artinya ada pengaruh model
pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan Critical
Thinking kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:32
Last Modified: 20 Dec 2022 12:30
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item
View Item