ANALISIS DAN REKOMENDASI PENGENDALIAN TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS: STUDI KASUS RUAS JALAN BUNDARAN WARU KOTA SURABAYA

ALI, MOHAMMAD MAGHFUR (2022) ANALISIS DAN REKOMENDASI PENGENDALIAN TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS: STUDI KASUS RUAS JALAN BUNDARAN WARU KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (224kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (344kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (550kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Ali, Mohammad Maghfur, 2022, Analisis dan Rekomendasi Pengendalian Tingkat
Kebisingan Lalu Lintas: Studi Kasus Ruas Jalan Bundaran Waru Kota Surabaya,
Tugas Akhir, Program Studi: Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya, Dosen pembimbing: Dian Majid, S.Si., M.Eng.
Pertumbuhan penduduk di Kota Surabaya diikuti dengan meningkatnya
penggunaan transportasi, padatnya kendaraan bermotor di ruas jalan Bundaran
Waru Kota Surabaya berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan, salah
satunya pencemaran suara atau kebisingan. Kebisingan dapat diartikan sebagai
suara yang keberadaanya tidak diinginkan karena tidak sesuai terhadap waktu dan
tempat sehingga mengganggu kenyamanan dan kesehatan. Penelitian bertujuan
mendapatkan: (1) volume serta komposisi kendaraan (2) tingkat kebisingan, (3)
hubungan volume kendaraan dengan kebisingan, (4) rekomendasi pengendalian
kebisingan. Pengambilan data kendaraan melalui video record selama 10 menit,
pengukuran tingkat kebisingan sesuai metode SNI 8427-2017 Ls (siang)
menggunakan alat Sound Level Meter (SLM) pada 3 titik sampling. Analisis data
berupa Leq kebisingan (Ls) dan uji korelasi volume kendaraan dengan tingkat
kebisingan serta rekomendasi pengendalian yang sesuai. Olah data menggunakan
bantuan software Microsoft Excel, SPSS 25 dan Sketchup. Hasil penelitian
diperoleh volume kendaraan sesuai nilai emp MKJI (1997) tertinggi sebesar 2090
kendaraan (smp/jam) dengan persentase komposisi kendaraan Sepeda Motor (MC)
mencapai 69,3%, Kendaraan Ringan (LV) 56,2%, Kendaraan Berat (HV) 9,4%.
Tingkat kebisingan Siang Hari (Ls) cukup tinggi hingga 72.5 dB dan adanya
hubungan sedang hingga sangat kuat (r = 0,450-0,874) antara volume kendaraan
dengan kebisingan. Pengendalian kebisingan berupa rekomendasi penambahan
barrier vegetasi. Pohon Akasia dan perdu Sebe mampu mengoptimalkan barrier
eksisting dalam mereduksi tingkat kebisingan menjadi dibawah baku mutu sesuai
KepMenLH No.48 Tahun 1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan peruntukan
kawasan permukiman dan perdagangan.
Kata Kunci: Kebisingan, Lalu Lintas, Pengendalian Bising, Bundaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Teknik Lingkungan (TL)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:22
Last Modified: 22 Nov 2022 07:01
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item
View Item