PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI IPA KELAS IV SDN DR SUTOMO V SURABAYA

Fajriansyah, Muhammad Ardan (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI IPA KELAS IV SDN DR SUTOMO V SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of SAMPUL A5.pdf] Text
SAMPUL A5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (623kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (254kB)
[thumbnail of BAB I A5.pdf] Text
BAB I A5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (413kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (402kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Fajriansyah, Muhamad Ardan. 2022. Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi IPA Kelas IV SDN Dr. Sutomo V Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buna Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Achmad Fanani, S.T., M.Pd. Pembimbing (2) Wahyu Susiloningsih, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Media, Video Pembelajaran
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kondisi yang masih pandemi saat ini yang mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah. Ada beberapa faktor yang membuat siswa kurang menarik untuk belajar yaitu, kurang minat belajar siswa yang semakin tinggi dan bahan ajar yang kurang menarik minat belajar. Untuk menarik minat belajar siswa ada beberapa media untuk menunjang minat belajar siswa salah satu nya menggunakan media video pembelajaran yang memanfatkan aplikasi KineMaster dalam pembuatan videonya. di dalam media video pembelajaran tersebut juga terdapat Lembar Kerja Perserta Didiak atau bisa di sebut LKPD dalam satu materi pembelajaran IPA . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau yang biasa dikenal dengan Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap tetapi dibatasi sampai 3 tahap saja. Tahap tersebut meliputi: 1) tahap analysis; 2) tahap design; 3) tahap development. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, dapat diketauhi hasil validasi ahli materi dari 1 validator adalah 87,5% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil validasi ahli bahasa dari validator adalah 95% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil validasi ahli media dari 1 validasi adalah 95,83% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:46
Last Modified: 05 Dec 2022 01:47
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item
View Item