ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA FPB DAN KPK KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1/424 SURABAYA

WAHYUNI, FENY (2022) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA FPB DAN KPK KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1/424 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (598kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (14kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (145kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (21kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wahyuni, Feny. 2022. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Matematika FPB dan KPK
Kelas IV SDN Dukuh Menanggal 01/424 Surabaya.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Dosen Pembimbing (1) Ida Sulistyawati, S.H.,
M.Pd., dan Dosen Pembimbing (2) Imas Srinana
Wardani, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: kesalahan peserta didik, soal cerita matematika, FPB
dan KPK.
Penelitian Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Matematika FPB dan KPK Kelas IV
SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya. peserta didik mengalami
beberapa kesalahan dalam mengerjakan soal cerita yaitu kesalahan dalam prosedur/langkah-langkah, kesalahan dalam keterampilan perhitungan, kesalahan dalam membaca dan memahami, kesalahan dalam proses perhitungan, dan kesalahan penulisan jawaban. Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita FPB dan KPK. Faktor pertama yaitu peserta didik tidak terbiasa dengan menuliskan hal diketahui dan ditanyakan dalam soal. Yang kedua peserta didik bingung dalam membedakan soal cerita FPB dan KPK, peserta didik tidak membaca kembali kata kuncinya. Yang menjadi faktor terakhir adalah peserta didik kurang teliti, lupa tergesa-gesa, peserta didik tidak terbiasa dengan menuliskan kesimpulan, serta akibat dari kesalahan sebelumnya. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, subjek penelitian ini adalah 33 peserta didik SD Negeri Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya. Soal tes yang diberikan berupa soal uraian yang berjumlah 5 soal. Untuk penilaian hasil tes menggunakan jumlah kesalahan dibagi jumlah soal dikali seratus maka akan muncul hasil nilai soal tes yang di kerjakan peserta didik. Hasil tes peserta didik kelas IV SD Negeri dukuh Menanggal 1/424 Surabaya yang berjumlah 33 yang mengerjakan soal tes dan dianalisis oleh peneliti, terdapat 25 peserta didik yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita terlihat dari jawaban 25 peserta didik ini masih banyak kesalahan dalam menjawab soal yang diberikan oleh peneliti. Pada penelitian ini kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada proses menyelesaikan soal cerita FPB maupun KPK ada 2 diantaranya yaitu, kesalahan memahami masalah, dan kesalahan penulisan jawaban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:47
Last Modified: 05 Dec 2022 02:47
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item
View Item