PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN KELAS V SDN KEBONDALEM MOJOSARI

SAID, YOELANDIETA ADELINA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN KELAS V SDN KEBONDALEM MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (286kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (18kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (105kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (212kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Said, Yoelandieta A. 2022. Pengaruh Penggunaan Model
Experiental Learning Terhadap Keterampilan
Menulis Pantun Kelas V SDN Kebondalem Mojosari.
Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Apri
Irianto, S.H., M.Pd, (2) Pana Pramulia, S.Pd., M.Pd
Kata kunci: Experiental Learning, Pantun, Menulis
Penelitian terkait keterampilan menulis peserta didik dalam
pembelajaran bahasa Indonesia ini perlu dilakukan. Hal ini karena
kemampuan dan minat peserta dalam menulis terutama pantun masih
rendah. Rendahnya kemampuan menulis peserta didik ini
dipengaruhi karena model pembelajaran yang monoton atau tidak
variatif.
Penelitian yang berjudul Pengaruh penggunaan model
Experiental Learning dalam pembelajaran Menulis Pantun Kelas V
SDN Kebondalem Mojosar menggunakan metode eksperimen yang
digunakan adalah metode true experimental design.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah pada
keseluruhan siswa V SDN Kebondalem Mojosari, Jawa Timur tahun
ajaran 2021/2022 semester ganjil dengan perincian sebagai berikut:
kelas VA 25 orang dan kelas VB 25 orang. Sedangkan kelas sampel: kelas V B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang. Sedangkan kelas V A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Instrumen penelitian tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes unjuk kerja. Tes ini berupa lembar kerja, peserta didik diminta untuk menulis pantun setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Experiental Learning oleh guru. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data observasi berupa pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik uji-t, dengan rumus. Hasil penelitian ini terdiri dari hasil pretest dan posttest. Hasil pretest pada kelas kontrol yang nantinya akan diajar menggunakan model konvensional mendapatkan nilai rata-rata 61,32. Sedangkan kelas eksperimen pada pretest mendapatkan nilai rata-rata 61,04. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa baik dari kelas kontril maupun kelas eksperimen relatif sama. Pada pengujian hasil uji normalitas nilai modus pada kelas kontrol pada nilai 63 dengan jumlah 6, Sedangkan kelas eksperimen nilai modus juga terdapat pada nilai 63 dengan jumlah 6. Sedangkan berdasarkan tes posttest yang telah dilakukan pada kedua kelas eksperimen tersebut menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian pada kelas eksperimen yang menggunakan model experiential learning mendapatkan nilai ratarata 86,8 dan di kelas kontrol yang hanya menggunakan metode konvensional mendapatkan nilai 73,20. Pada pengujian hasil uji normalitas nilai modus pada kelas eksperimen terdapat pada nilai 87 dengan jumlah 7. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan model Experiental Learning sangat berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa terutama menulis pantun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:33
Last Modified: 05 Dec 2022 02:33
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item
View Item