Zuhroh, Fatihatuz (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI ALJABAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
HALAMAN DEPAN 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (626kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (90kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (225kB)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci: analisis kesalahan, soa lcerita matematika, prosedur
Newman.
Salah satu yang sering ditemui bagian kesulitan siswa dalam
matematika yaitu ketika siswa menemui soal matematika berbentuk
cerita pada opersai aljabar. Tidak sedikit siswa yang mendapat
kendala dan menganggap soal cerita pada operasi aljabar sulit. Hal
tersebut dikarenakan banyaknya siswa yang belum mampu
mengubah soal cerita kedalam kalimat matematika.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan letak
kesalahan serta faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa
dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi operasi
aljabar berdasarkan prosedur Newman yaitu taha pmembaca, tahap
memahami, tahap transformasi, tahap keterampilan proses, dan tahap
penulisan jawaban. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
yang dilakukan di SMP Negeri 1 Wonoayu. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Subjek penelitian
ini yaitu 3 siswa yang mendapatkan nilai terendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesalahan subjek 1
dan 3 pada tahap membaca, tahap memahami, tahap transformasi,
tahap keterampilan proses, dan tahap penulisan jawaban. Sedangkan
letak kesalahan subjek 2 yaitu pada tahap transformasi dan tahap
keterampilan proses. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa
dalam menyelesaikan soal adalah karena siswa tidak mengerti arti
beberapa kalimat yang terdapat pada soal, siswa tidak mengetahui
informasi dalam soal secara lengkap, siswa tidak mengetahui rumus
yang akan digunakan, siswa tidak melakukan langkah pengoperasian
aljabar yang sesuai, dan siswa tidak mengerti langkah akhir dalam
menyelesaikan soal cerita.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:25 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 12:15 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2162 |