PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN MARGOREJO 1/403 SURABAYA

WIDISMA, NADYA EKA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN MARGOREJO 1/403 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (475kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf] Text
2.ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (75kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (91kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Widisma, Nadya Eka. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD)
Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas
IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan
Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd. Pembimbing
(2) Via Yustitia, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran kooperatif tipe
Student Team Achievement Divisions (STAD) merupakan model yang
menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling
memotivasi dan saling membantu bekerja sama dalam menguasai
materi pembelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal, selain itu
juga sangat sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap
hasil belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV di SDN
Margorejo 1/403 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
jenis deskriptif dengan tipe Post Test Only. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IV B (kelas eksperimen) dan IV C (kelas kontrol)
di SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan uji-T dengan persyaratan uji normalitas dan uji
homogenitas yang menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Instrument
penilaian yang digunakan adalah tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions
(STAD) terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV
SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Hal ini menunjukkan nilai hasil
belajar atau nilai rata-rata kelas eksperimen siswa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions
(STAD) lebih baik daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Tesm Achievement
Divisions (STAD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:47
Last Modified: 05 Dec 2022 02:47
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item
View Item