PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 12 SURABAYA

BAGUS, MUCHAMAD (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 12 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK.pdf] Text
1. HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (532kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (133kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (109kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (575kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Minat Belajar Matematika,
Pendekatan Saintifik, dan Persamaan Garis Lurus
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan
rendahnya hasil belajar dan minat belajar matematika siswa kelas
VIII SMPN 12 Surabaya.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya
perbedaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dan minat
belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan bentuk
penelitian kuantitatif statistik dan kuantitatif deskriptif. Teknik
sampel yang digunakan yaitu simple random sampling diperoleh
kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-C sebagai kelas
eksperimen.
Teknik analisis data penelitian pada hasil belajar
menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan
taraf signifikan =0,05 . Perhitungan uji-t diperoleh hasil >
yaitu 6,5799 > 1,99300 maka ditolak dengan kata lain
diterima, demikian dapat disimpulkan ada pengaruh pendekatan
saintifik pada hasil belajar matematika siswa.
Teknik analisis data minat belajar menggunakan analisis
persentase. Perhitungan persentase diperoleh hasil semua presentase
menyatakan banyaknya kriteria baik dari sangat baik 50% dari
seluruh pernyataan, maka respon minat siswa dikatakan positif.
Simpulan terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap minat
belajar matematika siswa.
Hasil penelitian ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap
hasil belajar dan minat belajar matematika siswa kelas VIII SMPN
12 Surabaya pada materi persamaan garis lurus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:55
Last Modified: 20 Dec 2022 12:12
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2170

Actions (login required)

View Item
View Item