PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 SURABAYA

Wandi, Ida Praselia (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (327kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (185kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (301kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: perhatian orang tua, motivasi belajar, hasil belajar.
Saat ini semua sekolah menerapkan kurikulum K-13 sehingga
menutut siswa dan guru untuk memiliki motivasi belajar yang tinggi
agar lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran,
bukan hanya guru dan siswa melainkan orang tua juga dituntut
berperan aktif.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh
perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa
kelas VIII di SMP Negeri 21 Surabaya tahun ajaran 2018/2019.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportionate
random sampling dengan jumlah sampel 10% siswa dari tiap kelas
sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan untuk
hasil belajarnya peneliti memberikan lima butir soal uraian yang
berkaitan dengan materi semester gasal. Teknik analisis data yang
digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil yang diperoleh dari analisis linier berganda dengan
menggunakan taraf signifikan 0,05 didapatkan nilai signifikan secara
simultan sebesar 0,018 < 0,05 dan nilai fhitung 4,474 > ftabel 3,25 maka
H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antar
perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Surabaya. Simpulan
dan saran diharapkan bisa bermanfaat bagi pembaca terutama bagi
siswa, guru, dan orang tua agar lebih memahami pentingnya motivasi
belajar dan faktor perhatian dari orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:14
Last Modified: 20 Dec 2022 12:11
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2175

Actions (login required)

View Item
View Item