Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Kepuh Kiriman 1 Waru Sidoarjo

Aprilia, Della Melin (2022) Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Kepuh Kiriman 1 Waru Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (90kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (190kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (169kB)
[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas IV di SDN Kepuh Kiriman 1 Waru Sidoarjo yang masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran macromedia flash terhadap hasil belajar matematika siswa di SD. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV C dan IV D di SDN Kepuh Kiriman 1 Waru Sidoarjo dengan jumlah masing-masing kelas 28 siswa. Metode pengumpulan data dengan teknik tes yang terdiri dari 20 butir soal. Menggunakan metode analisis statistik T test. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan uji-t menggunakan aplikasi SPSS versi 26 menunjukkan bahwa hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,041 < 0,05, karena hasil sig (2 tailed) bernilai 0,041 kurang dari 0,05, artinya Ho diterima Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk kendala pada media Macromedia Flash terdapat pada proses pembuatannya yang tergolong membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Dengan adanya hasil penelitian tersebut, penggunaan media Macromedia Flash pada pembelajaran Matematika kelas IV di SDN Kepuh Kiriman 1 Waru Sidoarjo sudah terlaksana dengan baik.
Kata Kunci: Media Macromedia Flash, Hasil belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:57
Last Modified: 05 Dec 2022 03:57
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2178

Actions (login required)

View Item
View Item