PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 1 SUKODONO

Nugraini, Rafa (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 1 SUKODONO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (331kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (200kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: pembelajaran matematika dan penemuan terbimbing.
Guru sebagai penanggung jawab utama dalam proses
pembelajaran harus menciptakan suasana pembelajaran menjadi
menyenangkan bagi siswa. Guru harus dapat memilih strategi
pembelajaran yang efektif supaya siswa dapat belajar secara aktif
selama proses pembelajaran. Pemilihan Model pembelajaran yang
akan digunakan sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan
belajar siswa. Perlu adanya model pembelajaran yang melibatkan
siswa secara langsung. Model pembelajaran yang dimaksud adalah
model pembelajaran penemuan terbimbing.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas siswa,
respon siswa, dan hasil belajar siswa setelah diberi penerapan
menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII
SMPN 1 Sukodono. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kelas VIII-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket.
Hasil dari penelitian ini adalah untuk aktivitas siswa kelas
VIII-D dikategorikan sangat aktif dengan hasil presentase 97,92%
dan 97,916%. Untuk hasil belajar, 34 siswa dinyatakan tuntas secara
individual dengan nilai ≥ 70, dan kelas VIII-D dinyatakan tuntas
secara klasikal dengan hasil presentase 94,44%. Untuk observasi
siswa kelas VIII-D menunjukan respon yang sangat aktif dengan
hasil presentase 94,44%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:57
Last Modified: 05 Dec 2022 05:57
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2206

Actions (login required)

View Item
View Item