PENGARUH APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

ANITA, ANNISA FITRI RAHAYU (2022) PENGARUH APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (152kB)
[thumbnail of 3. Bab 1.pdf] Text
3. Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (353kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (448kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Anita, Annisa Fitri Rahayu. 2022. Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas 4 Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Achmad Fanani, S.T., M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Rarasaning Satianingsih, S.E., M.Pd.
Kata Kunci: Aplikasi Quizizz, Motivasi dan Hasil Belajar
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui pengaruh Aplikasi Quizizz terhadap motivasi belajar mata pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar dan (2) mengetahui pengaruh Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Sampel yang digunakan kelas IV C dan IV D yang berjumlah 52 siswa. Untuk menentukan dari populasi ke sampel menggunakan teknik purposive sampling (memiliki pertimbangan tertentu).
Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantiatif dengan metode experimen dengan jenis design penelitian Quasy Experimen dengan menggunakan bentuk design Post-test Only Control Desaign. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan Angket dan Tes yang berupa post-test. Teknik analisis datanya Uji t (Uji Paired Simples Test) dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 26.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata rata hasil angket motivasi belajar di kelas kontrol dan juga di kelas experimen Hal tersebut menunjukkan bahwa Aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini berdasarkan analisis data melalui Uji Paired Simples Test diperoleh nilai signifikasi 2-tailed adalah 0.000 lebih kecil dari 0.05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian selanjutnya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata rata hasil post test hasil belajar yang di dapatkan oleh peserta didik di kelas kontrol dan kelas experimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa Aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini berdasarkan analisis data melalui Uji Paired Simples Test diperoleh nilai signifikansi 2-tailed adalah 0.000 lebih kecil dari 0.05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:09
Last Modified: 05 Dec 2022 07:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2216

Actions (login required)

View Item
View Item