APRILUTFI, DELFITA NUR (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS TPACK PADA PEMBELAJARAN TEMA 4 KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (884kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (35kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (112kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (98kB)
Abstract
Aprilutfi, Delfita Nur. 2021. Penerapan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis TPACK Pada Pembelajaran Tema 4 Kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Apri Irianto, S.H., M.Pd. Pembimbing (2) Susi Hermin Rusminati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: media pembelajaran flipbook berbasis TPACK, pembelajaran tema.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring. Pembelajaran daring akan lebih menarik jika menggunakan media. Media yang digunakan adalah media pembelajaran flipbook berbasis TPACK. Media pembelajaran flipbook berbasis TPACK adalah media yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan memberikan pengalaman belajar yang menarik, khususnya pada pembelajaran tema 4. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan dan respon siswa terhadap pembelajaran tema 4 menggunakan media pembelajaran flipbook berbasis TPACK pada siswa kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data berupa observasi siswa, angket respon siswa, dan wawancara siswa. Sumber data penelitian ini siswa kelas IV-D yang berjumlah 26 siswa di SD Hang Tuah 10 Juanda. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini mendeskripsikan penerapan media pembelajaran flipbook berhasil dilakukan, siswa mampu mengerjakan pembelajaran tema 4 dengan sangat baik, respon siswa baik dalam menggunakan media pembelajaran flipbook pada tema 4. Siswa terlihat lebih aktif dan termotivasi ketika pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 07:46 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 07:47 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2234 |