PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN IPA SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD HANGTUAH 10 JUANDA

PARAWANSA, KHOFIFAH INDAR (2022) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN IPA SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD HANGTUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (632kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (226kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (310kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (117kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Parawansa, Khofifah Indar. 2022. Pengaruh Video Pembelajaran
IPA Sistem Pencernaan Makanan Manusia Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas V SD Hangtuah 10 Juanda. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas pedagogi
dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Dra. Dian Kusmaharti S.Si., M.Pd., (2) Arif
Mahya Fanny, S.H., M.Pd.
Kata Kunci: Video pembelajaran, IPA sistem pencernaan makanan
manusia, hasil belajar.
Penelitian Pengaruh Video Pembelajaran IPA Sistem
Pencernaan Makanan Manusia Terhadap Hasil Belajar dilaksanakan
di SD Hangtuah 10 Juanda. Berdasarkan masalah ketika
pembelajaran IPA sistem pencernaan makanan manusia media yang
digunakan menggunakan buku dan manekin sehingga siswa sulit
memahami bagaimana proses sistem pencernaan makanan manusia
secara konkret. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau
tidak ada pengaruh video pembelajaran IPA sistem pencernaan
makanan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Hangtuah
10 Juanda Sidoarjo.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
ekaperimen dengan desain Quasi Experimental Design yaitu PretestPosttest Control-Group Design. Teknik sampling yang digunakan
purposive sampling dengan subyek penelitian populasi siswa kelas V
SD Hangtuah 10 Juanda dan Kelas V-B sebagai kelas kontol, kelas
V-D sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data
menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan software SPSS 16.0 yaitu uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Berdasarkan hasil paired samples test menggunakan aplikasi SPSS versi 16.0 mennjukkan bahwa hasil peneltian mengalami
peningkatan dalam penelitian. Nilai – nilai mean posttest kelas eksperiment sebesar 78.00 lebih besar dari daripada preetest kelas eksperimen yaitu sebesar 67.25 dan nilai mean posttest kelas kontrol sebesar 73.00 lebih besar daripada prestest kelas kontrol yaitu sebesar 68.25. Nilai signifikansi yang menunjukkan 0,000 sehingga ditolak dan diterima yang berarti terdapat pengaruh video pembelajaran IPA sistem pencernaan makanan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Hangtuah 10 Juanda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:56
Last Modified: 06 Dec 2022 03:56
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item
View Item