PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BALOK KELAS V SDN SUMUR WELUT III/440 SURABAYA

RIFLIANI, ADIK WAHYU (2022) PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BALOK KELAS V SDN SUMUR WELUT III/440 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (495kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (186kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (280kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (403kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wahyu Rifliani, Adik. 2022. Pengaruh Media Permainan Ular
Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Matematika Materi Volume dan Luas Permukaan Balok
Kelas V SDN Sumur Welut III Surabaya. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi
dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Danang Prastyo, S.Pd., M.Pd., (2) Susi
Hermin Rusminati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Media Permainan Ular Tangga dan Hasil Belajar Materi
Volume dan Luas Permukaan Balok.
Media permainan ular tangga adalah media pembelajaran
yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media permainan ular
tangga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika
materi volume dan luas permukaan balok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
desain penelitian Quasi Eksperimental dalam bentuk Post-test Only
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas V SDN Sumur Welut III Surabaya yang berjumlah 46
siswa dengan sampel yang terdiri dari 22 siswa kelas VA sebagai
kelas eksperimen dan 24 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Data
dikumpulkan melalui tes yang terdiri dari 15 soal. Uji statistik yang
digunakann dalam penelitian ini adalah uji t.
Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansinya (2-tailed)
0.000 < 0.05 yang dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran matematika materi volume dan luas permukaan
balok siswa kelas V SDN Sumur Welut III Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:29
Last Modified: 06 Dec 2022 03:29
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2254

Actions (login required)

View Item
View Item