PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT ) TERHADAP KETERAMPILAN SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS X SMA BANI HASYIM LENGKONG CERME GRESIK

MASHUDI, MUHAMMAD ALI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT ) TERHADAP KETERAMPILAN SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS X SMA BANI HASYIM LENGKONG CERME GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (576kB)
[thumbnail of 2 Abstrak.pdf] Text
2 Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (108kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Bolavoli, Servis atas, Pembelajaran TGT
Penelitian ini di latar belakangi oleh kemampuan siswa
terhadap teknik dasar bolavoli. Peneliti ini bertujuan untuk
mengetahui kemampuan servis atas bolavoli pada siswa kelas X SMA
Bani Hasyim Lengkong, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik,
dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams
Games Tournament).
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian
ini adalah one grup pretest-posttes, desain ini membandingkan tes
awal dengan tes akhir. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas
X yang berjumlah 30 siswa. Sampel Penelitian ini adalah siswa-siswi
kelas X yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan penelitian ini adalah tes keterampilan. Instrumen penelitian
ini tes keterampilan yaitu pada awal pretest dan akhir posttes. Teknik
analisis data yang di gunakan adalah uji normalitas data dengan
bantuan SPSS (Stastistical Program For Sosial Svience) 21.0.
Hasil tersebut ditunjukkan dengan hasil data sebagai berikut:
Hasil dianalisis menggunakan bantuan SPSS 21.0. ditemukan hasil uji
t untuk nilai siq (2-tailled) 0.012 < 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT)
berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan servis atas bolavoli.
Sehingga metode latihan ini bisa dijadikan refrensi atau acuan para
guru untuk dijadikan sebagai model pembelajaran dalam
meningkatkan keterampilan servis atas bolavoli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 15 Dec 2022 05:32
Last Modified: 15 Dec 2022 05:32
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

View Item
View Item