Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Media Sosial Whatsapp Dalam Penjualan Toko Kelontong

Febrianto, Alvin (2020) Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Media Sosial Whatsapp Dalam Penjualan Toko Kelontong. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (838kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (33kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (237kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (953kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Febrianto, Alvin, 2020, Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap
Penggunaan Media Sosial Whatsapp Dalam Penjualan Toko Kelontong, Tugas Akhir,
Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas PGRI Adi Buana Surabaya,
Dosen Pembimbing : Yunia Dwie Nurcahyanie.,ST., M.T.
Toko kelontong adalah salah satu ritel waralaba yang banyak dilakukan oleh
masyrakat, tetapi banyak yang masih sederhana. Saat ini, penggunaan media sosial menjadi
alternatif untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan toko kelontong. Penggunaan
aplikasi media sosial seperti whatsapp bisa menjadi solusi bagi pemilik toko kelontong
untuk bidang penjualan. Mengetahui pengaruh perceive ease of use terhadap perceived
usefulness, pengaruh perceived usefulness terhadap attitude toward, pengaruh perceive
ease of use terhadap attitude toward, pengaruh perceived usefullness terhadap intention to
use, pengaruh attitude toward terhadap intention to use, pengaruh trust terhadap attitude
toward, pengaruh trust terhadap intention to use, pengaruh perceived behavior control
terhadap intention to use, pengaruh subjective norm terhadap intention to use, pada
penggunaan media sosial whatsapp dalam penjualan toko kelontong. Penggunaan media
sosial ini akan diteliti apakah memiliki pengaruh dengan menggunakan metode
Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini selanjutnya akan menjelaskan
bagaimana pengaruh penggunaan media sosial whatsapp terhadap penjualan toko
kelontong di Toko Beras Hitam, Surabaya.Penilitian ini juga menggunakan teknik analisis
data dengan menggunakan pendekatan Structural Equation Model dengan alat bantu hitung
Partial Least Square. Data diperoleh dari responden yang merupakan customer dari toko
beras hitam sebanyak 100 sampel.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 5 variabel yang berhubungan dengan
variabel lainnya. Salah satunya variabel perceived behaviour control terhadap intention of
use dalam penggunaan media sosial whatsapp dalam penjualan toko kelontong.
Kesimpulannya adalah pihak toko harus meningkatkan aspek behaviour control atau
kontrol perilaku terhadap pelanggan agar dapat meningkatkan aspek penjualan toko
kelontong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Teknik Industri (TI)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:16
Last Modified: 07 Dec 2022 03:16
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item
View Item