PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PEMBERSIH LANTAI MEREK X MENGGUNAKAN DMAIC DI PERUSAHAAN DETERJEN

RAMADHANI, DWI FEBRI (2020) PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PEMBERSIH LANTAI MEREK X MENGGUNAKAN DMAIC DI PERUSAHAAN DETERJEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (939kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (83kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (71kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (362kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Dwi Febri Ramadhani,2020, PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK
PEMBERSIH LANTAI MEREK X MENGGUNAKAN DMAIC DI
PERUSAHAAN DETERJEN,Tugas Akhir, Program Studi Teknik Industri,
Fakultas Teknik Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Dosen Pembimbing :
Yitno Utomo, ST., MT.
Kualitas merupakan karakteristik suatu produk yang dapat menunjang kemampuan untuk
memuaskan konsumen.Untuk mempertahankan kualitas produk pembersih lantai,
diperlukan adanya pengendalian kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kecacatan dominan pada pembersih lantai merek x, untuk mengetahui hasil kualitas
sebelum dan sesudah perbaikan dan untuk mengetahui solusi perbaikan yang dilakukan.
Metode pengendalian kualitas pada penelitian ini menggunakan DMAIC. Hasil penelitian
ini, pada diagram pareto menunjukkan bahwa 83% dari prosentase kumulatif terhadap
kecacatan yang paling dominan pada hasil output produk pembersih lantai yaitu pada C1
(produk kotor), C5 ( terdapat bahan tidak larut), C8 (tidak ada keterangan expired), C7
(volume produk kurang), C3 (warna tidak sesuai standar), hal inilah yang dilakukan
perbaikan. Pengamatan hasil kualitas pada pembersih lantai varian apel di bulan Febuari
(sebelum perbaikan) rata-rata sigma sebesar 2,96 σ dan pengamatan hasil kualitas di
bulan April (sesudah perbaikan) rata-rata sigma sebesar 3,15 σ. Perbaikan yang dilakukan
yaitu mengganti alat filter agar filtrat yang dihasilkan bersih, melakukan proses mixing
dengan maksimal agar bahan larut dengan sempurna, yaitu melakukan perbaikan dan
perawatan pada tembak sensor keterangan expired, melakukkan setting mesin pengisian
volume produk secara rutin, melakukan kalibrasi timbangan secara berkala agar bobot
hasil timbangan bahan perwarna sesuai.
Kata Kunci :Pengendalian,Pembersih Lantai, DMAIC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Teknik Industri (TI)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:57
Last Modified: 07 Dec 2022 03:57
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2309

Actions (login required)

View Item
View Item