PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DALAM MATERI BAHASA INDONESIA DI KELAS I SDN KEBOANANOM GEDANGAN

ERINZA, VIKE (2022) PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DALAM MATERI BAHASA INDONESIA DI KELAS I SDN KEBOANANOM GEDANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (903kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (278kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (173kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (231kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Erinza , V. (2021). Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap
Keterampilan Menulis Dalam Materi Bahasa Indonesia Di
Kelas I SDN Keboan anom Gedangan. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi
dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing I : Drs. Achmad Fanani, S.T., M.Pd.
Pembimbing II : Dr. Rarasaning Satianingsih, S.E., M.Pd.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Media Gambar Seri
Skripsi ini berjudul tentang “Pengaruh Media Gambar Seri
Terhadap Keterampilan Menulis Dalam Materi Bahasa Indonesia Di
Kelas I SDN Keboan anom Gedangan”. Skripsi ini ditulis oleh vike
erinza, nim 188000090, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Pedagogi Dan Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Latar belakang penulis melakukan penelitian ini
membahas tentang permasalahan siswa SD yang masih ada beberapa
yang belum bisa menulis, terutama menulis sebuah cerita sehingga
penulis memberikan media gambar seri untuk memudahkan siswa
SD untuk menulis cerita. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kemampuan menulis siswa SD dengan
menggunakan media gambar seri dan kemampuan menulis siswa SD
tanpa menggunakan media gambar seri.
Penelitian yang penulis lakukan disini adalah penelitian
Kuantitatif Eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDN Keboan
anom Gedangan pada kelas IA & IB dengan subjek penelitian
sebanyak 55 siswa SD. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan,
penulis menggunakan teknik tes, dengan menggunakan jenis
penelitian quasi eksperimen dan menggunakan desain posttest only
control.
Dari hasil penelitian yang dilakukan adanya peningkatan
kemampuan menulis siswa kelas I di SDN Keboan anom Gedangan.
Hal ini terbukti adanya perbedaan yang signifikan antara skor ratarata hasil post-test kemampuan menulis yang didapatkan oleh siswa SD di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa media gambar seri berpengaruh terhadap kemampuan menulis dalam materi Bahasa Indonesia. Hal ini berdasarkan analisis data melalui Uji Independent Sample t Test diperoleh nilai signifikan 2-tailed adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya diterima dan ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 01:56
Last Modified: 09 Dec 2022 01:56
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item
View Item