PENERAPAN MEDIA KUIS MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL PADA MATERI KOSAKATA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

ALIYATI, NAVY (2022) PENERAPAN MEDIA KUIS MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL PADA MATERI KOSAKATA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (616kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (103kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (181kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (236kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Aliyati, Navy. 2022. Penerapan Media Kuis Menggunakan Aplikasi
Wordwall Pada Materi Kosakata Siswa Kelas 2 Sekolah
Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI
Adibuana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Achmad Fanani,
S.T., M.Pd. (2) Wahyu Susiloningsih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Media Kuis, Kuis Wordwall, Kosa Kata
Pembelajaran abad 21 sangat penting untuk siswa memiliki
keterampilan komunikatif. Pada kenyataanya siswa kelas rendah
masih senang bermain, dan masih cenderung menutup diri dan
memiliki rasa takut untuk berkomunikasi. Salah satu materi
pembelajaran yang berperan penting dalam keterampilan
komunikatif pada pembelajaran yaitu materi kosakata. Pemanfaatan
teknologi yang canggih, maka peneliti memanfaatkan media kuis
wordwall untuk mengembangkan keterampilan komunikatif siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan aktivitas siswa,
mendiskripsikan aktivitas guru, mendiskripsikan respon siswa, dan
mendeskripsikan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran
dengan menggunakan media kuis wordwall pada materi kosakata
siswa kelas II Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan
jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas II A SDN Kepuh Kiriman 1 Waru Sidoarjo. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan
menggunakan alat penilaian berupa lembar observasi, angket, dan
tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa
penerapan media kuis menggunakan aplikasi wordwall pada materi kosakata kelas II Sekolah Dasar bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan indikator yang direncanakan. Respon siswa dalam penerapan media kuis wordwall dan hasil belajar siswa kelas II SDN Kepuh Kiriman 1 Waru Sidoarjo dalam menerapkan media kuis wordwall dikategorikan sangat baik dengan hasil siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 01:53
Last Modified: 09 Dec 2022 01:53
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2551

Actions (login required)

View Item
View Item