Piranha, Egga Dea (2019) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS LAPORAN INFORMATIF TENTANG PERUBAHAN MUSIM DI ALAM KELAS III SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (795kB)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (126kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (211kB)
DAFTAR PUSTAKAN DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Piranha, Egga Dea. 2019. Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Hasil
Belajar Menulis Laporan Informatif Tentang Perubahan Musim di
Alam Kelas III SD HANGTUAH 10 JUANDA. Skripsi, Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing: (1) Drs. Bahhauddin Azmy,
M.Pd. (2) Drs. H. Atnuri, SH., M.Pd.
Kata kunci: Hasil Belajar, Metode, Outdoor Study.
Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran pokok
dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Bahasa Indonesia memiliki
karakteristik khusus baik berupa kenyataan atau kejadian dan
hubungan sebab akibatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
adanya pengaruh metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar
Menulis Laporan Informatif Tentang Perubahan Musim di Alam
Kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda.
Desain dalam penelitian ini menggunakan Quasi
Experimental Design dengan bentuk Posttest Only Control Design.
Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SD Hang
Tuah 10 Juanda. Pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Pengambilan
data dari rata-rata nilai hasil tes kelas kontrol yaitu 59,68 sedangkan
nilai hasil tes kelas experimen yaitu75,4. Independent Samples TTest, untuk hasil belajar thitung= 5,85 lebih besar dari ttabel=2,06 dan
signifikansi 5% atau 0,05.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat ditarik
kesimpulan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode Outdoor
Study lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional. Hal itu
dibuktikkan dengan data hasil penelitian dimana nilai rata-rata kelas
kontrol lebih rendah dibanding nilai rata-rata kelas eksperimen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 07:21 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 07:21 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2601 |