PENGARUH MODEL OPEN ENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN BELAHANTENGAH MOJOSARI

Fitriah, Yeny Lailatul (2019) PENGARUH MODEL OPEN ENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN BELAHANTENGAH MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (650kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (385kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (299kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Fitriah, Yeny Lailatul. 2019. Pengaruh Model Open Ended Learning
terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan
Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Belahantengah
Mojosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
(1) Drs. H. Achmad Fanani, S.Pd., M.Pd. (2) Drs. Triman
Juniarso, M.Pd.
Kata Kunci: open ended, berpikir kritis, matematika.
Kemapuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam
menghadapi abad ke-21 yang mana manusia dituntut untuk
mempunyai pemikiran yang kritis agar dapat menghadapi segala
tuntutan zaman. Kemampuan berpikir kritis peserta didik di
Indonesia ditinjau dari hasil belajar matematika khususnya dalam
menyelesaikan soal-soal yang memuat proses berpikir kritis terbilang
masih rendah. Maka dari itu, perlu dikembangkan pembelajaran yang
dapat menunjang kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model open ended learning
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran
matematika kelas IV SDN Belahantengah Mojosari.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif quasi
experimental design dengan desain one-shot case study. Teknik
sampling yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh peserta
didik kelas IV SDN Belahantengah Mojosari. Pengambilan data
dilakukan melalui tes. Hasil tes dihitung dan dianalisis melalui pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua pihak yang didahului dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa thitung = 4,38 dan ttabel = 2,01 sehingga thitung > ttabel atau thitung < -ttabel dengan taraf signifikansi 5%, maka H0 ditolak. Artinya ada pengaruh model open ended learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran matematika kelas IV SDN Belahantengah Mojosari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:39
Last Modified: 09 Dec 2022 07:39
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item
View Item