Zulgita, Vivin Anggraeni (2019) PENGARUH MEDIA PAPAN BAKAR JAGUNG “BERMAIN KARTU DAN JAGO BERHITUNG” TERHADAP PENGUATAN KARAKTER KERJASAMA DAN TOLERANSI PADA SISWA KELAS II DI SDN GAYUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (480kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (231kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (150kB)
8. DAFPUS DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
Zulgita, Vivin Anggraeni. 2019. Pengaruh Media Papan Bakar Jagung
“Bermain Kartu dan Jago Berhitung” Terhadap Penguatan
Karakter Kerjasama dan Toleransi Pada Siswa Kelas II SDN
Gayungan II Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Drs. H. Atnuri., S.H., M.Pd.
Kata Kunci: media papan bakar jagung, penguatan karakter
kerjasama dan karakter toleransi.
Kurang efisiennya suatu pembelajaran menjadi sebuah
permasalahan, sehingga butuh media atau metode baru agar
pembelajaran lebih baik dan lebih menarik siswa. Salah satu inovasi
yang bisa diberikan adalah dengan memberikan media papan bakar
jagung “bermain kartu dan jago berhitung”. Karena media papan
bakar jagung “bermain kartu dan jago berhitung” mampu
menjembatani pembelajaran yang abstrak menjadi konkret dengan
bantuan media papan bakar jagung “bermain kartu dan jago
berhitung”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah
pengaruh media papan bakar jagung “bermain kartu dan jago
berhitung” terhadap penguatan karakter kerjasama dan toleransi
siswa?”. Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat ada pengaruh
media papan bakar jagung “bermain kartu dan jago berhitung”
terhadap penguatan karakter kerjasama dan toleransi siswa Sekolah
Dasar Negeri Gayungan II Surabaya. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian eksperimen
quasi experimental design. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan observasi dan angket. Berdasarkan hasil pehitungan uji hipotesis karakter kerjasama dengan bantuan program manual diperoleh nilai t hitung 2,34 dan t tabel 2,00, Sig. 0,05. Dan untuk hasil hipotesisi karakter toleransi diperoleh nilai t hitung 3,24 dan tabel 2,00, Sig. 0,05. Nilai tersebut menandakan Ha diterima, yakni terdapat pengaruh pada media papan bakar jagung “bermain kartu dan jago berhitung” terhadap penguatan karakter kerjasama dan toleransi siswa Sekolah Dasar Negeri Gayungan II Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 07:53 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 07:53 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2614 |