PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SEBAGAI IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN KEBONDALEM MOJOSARI MOJOKERTO

Faricha, Rizky (2019) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SEBAGAI IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN KEBONDALEM MOJOSARI MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1 HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (566kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (396kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Faricha, Rizky. 2019. Pembentukan Karakter Religius Sebagai
Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di
SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Apri Irianto, S.H.,
M.Pd., (2) Via Yustitia, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Implementasi, Karakter Religius, Pembentukan
Karakter.
Penelitian ini dilakukan atas dasar prilaku remaja yang diwarnai
dengan gemar menyontek, kebiasaan bullying di sekolah serta
tawuran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
pembentukan karakter religius di SDN Kebondalem Mojosari
Mojokerto dan mengidentifikasi kendala-kendala dalam pembentukan
karakter religius sebagai implementasi program penguatan pendidikan
karakter di SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
peserta didik di SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto. Data
dianalisis dengan menggunakan triangulasi teknik dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan yang
dilakukan yaitu berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, membaca Juzz
Amma sebelum pembelajaran berlangsung, kegiatan Jumat
Bersholawat, sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah,
melaksanakan kegiatan keagamaan, menggunakan Mushola sebagai
tempat beribadah, menggunakan aula sebagai kegiatan keagamaan.
Kendala dalam pembentukan karakter religius: (1) Tidak
memperhatikan perintah guru (2) Peserta didik yang masih labil
(berubah-ubah) sering ramai ketika mengikuti kegiatan religious (3)
peserta didik sering lupa membawa peralatan sholat (4) Keterbatasan
waktu serta keadaan lingkungan tempat tinggal peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:33
Last Modified: 09 Dec 2022 08:35
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2634

Actions (login required)

View Item
View Item