PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO

Anggraeni, Novi Putri (2019) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan fix-1.pdf] Text
1. Halaman Depan fix-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (682kB)
[thumbnail of 2. Abstrak fix.pdf] Text
2. Abstrak fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (420kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (74kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran fixx.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran fixx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Anggraeni, Novi Putri. 2019. Pengaruh Metode Outdoor Study
terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi
pada Siswa Kelas IV SDN Sedati Gede II Sidoarjo.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing :
(1)Ida Sulistyawati, S.H., M.Pd,
(2) Apri Irianto, S.H.,M.Pd.
Kata kunci: metode outdoor study, kemampuan menulis karangan
deskripsi.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan kenyataan yang ada di
lapangan, dimana siswa kurang menguasai kemampuan dalam
menulis karangan deskripsi. Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan guru untuk merealisasikan strategi
pembelajaran yang telah ditetapkan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode outdoor study untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis sebuah karangan deskripsi. Dengan menggunakan metode outdoor study siswa dapat mengembangkan ide-ide atau gagasan-gagasan yang ada di dalam pikirannya, karena siswa dapat melihat secara langsung objek dalam menulis karangan deskripsi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh metode outdoor study terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Sedati Gede II Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen Quasi Experimental Design dan rancangan penelitian yang digunakan ialah One-Group PretestPosttest Design. Sampel penelitian siswa kelas IV B yang berjumlah 35 siswa, menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode outdoor study terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Sedati Gede II Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:39
Last Modified: 13 Dec 2022 02:39
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item
View Item