PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS III TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU SUBTEMA 4 KEAJAIBAN PERUBAHAN WUJUD DI SEKITARKU PEMBELAJARAN 6 DI SDN BELAHANTENGAHMOJOSARI

AFIYAH, SITI HIMMATUL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS III TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU SUBTEMA 4 KEAJAIBAN PERUBAHAN WUJUD DI SEKITARKU PEMBELAJARAN 6 DI SDN BELAHANTENGAHMOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1, HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1, HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (523kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (217kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Afiyah, Siti, Himmatul. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw TerhadapKemampuan
Kerjasama Siswa Kelas III Tema 3 Benda Di
Sekitarku Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud
Di Sekitarku Pembelajaran 6 Di SDN
Belahantengah-Mojosari. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: (1) Dra. Dian Kusmaharti, S.Si., M.Pd,
(2) Danang Prastyo, S.Pd., M.Pd
Kata kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw,
kemampuan kerjasama
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kemampuan guru dalam proses penerapan model pembelajaran
Kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan kerjasama siswa
kelas III Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 6 di SDN
Belahantengah-Mojosari dan mengetahui adakah pengaruh
model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap
kemampuan kerjasama siswa kelas III Tema 3 Subtema 4
Pembelajaran di SDN Belahantengah-Mojosari.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design jenis
Posttest Only (Nonequivalent Control Group Design). Sampel
penelitian siswa kelas III yang berjumlah 16 siswa dengan
menggunakan Area Cluster Sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi kemampuan guru dan observasi
sikap kerjasama. Teknik analisis data menggunakan uji
prasyarat, uji-t dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru
dalam penerapan model Kooperatif tipe Jigsaw sangat baik.
Ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw
terhadap kemampuan kerjasama siswa kelas III Tema 3
Subtema 4 Pembelajaran 6 di SDN Belahantengah-Mojosari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:05
Last Modified: 13 Dec 2022 04:05
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2675

Actions (login required)

View Item
View Item