EFEKTIFITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN KEBONDALEM MOJOSARI

SUSANTI, YULIA (2019) EFEKTIFITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN KEBONDALEM MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN YULIA.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN YULIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (843kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (418kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (203kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (8MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Susanti, Yulia. 2018. Efektifitas Model Discovery Learning terhadap
Kemampuan Analisis pada Pelajaran Matematika Kelas IV
SDN Kebondalem Mojosari. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Rarasaing Satianingsih,
S.E., M.Pd. (2) Wahyu Susiloningsih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning, kemampuan analisis.
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kemampuan guru dalam
menerapkan model Discovery Learning terhadap kemampuan
analisis siswa, aktivitas siswa selama pembelajaran dengan
menerapkan model Discovery Learning, serta hasil belajar siswa
terhadap kemampuan analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SDN Kebondalem Mojosari. Sedangkan
sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Kebondalem
Mojosari sejumlah 32 siswa.
Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design sedangkan
desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design
Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan observasi.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif.
Teknik analisis data menggunakan persentase.
Berdasarkan hasil perhitungan observasi kemampuan guru dalam
menerapkan model Discovery Learning terhadap kemampuan
analisis siswa termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil
perhitungan observasi aktivitas siswa dengan menerapkan model Discovery Learning termasuk dalam kategori analisis sedang. Ada pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan analisis pada pelajaran matematika kelas IV SDN Kebondalem Mojosari, hal ini terlihat dari adanya kenaikan kategori dari kurang analisis pada saat pre test menjadi analisis sedang pada saat post test.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:29
Last Modified: 13 Dec 2022 02:29
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2681

Actions (login required)

View Item
View Item