PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP PENGUATAN KARAKTER MANDIRI DAN RASA INGIN TAHU PADA SISWA KELAS II TEMA 3 (TUGASKU SEHARI-HARI) SUBTEMA 4 (TUGASKU DALAM KEHIDUPAN SOSIAL) PEMBELAJARAN 5 DI SDN KEBONDALEM-MOJOSARI

Wati, Anggi Novi Laras (2019) PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP PENGUATAN KARAKTER MANDIRI DAN RASA INGIN TAHU PADA SISWA KELAS II TEMA 3 (TUGASKU SEHARI-HARI) SUBTEMA 4 (TUGASKU DALAM KEHIDUPAN SOSIAL) PEMBELAJARAN 5 DI SDN KEBONDALEM-MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (544kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (91kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (172kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (41MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wati, Anggi Novi Laras. 2019. Pengaruh Media Puzzle terhadap
Penguatan Karakter Mandiri dan Rasa Ingin Tahu pada Siswa Kelas
II Tema 3 (Tugasku Sehari-hari) Subtema 4 (Tugasku dalam
Kehidupan Sosial) Pembelajaran 5 di SDN Kebondalem-Mojosari.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: 1. Drs. H. Atnuri, S.H., M.Pd., 2. Dra. Dian
Kusmaharti, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Puzzle, Karakter Mandiri, Karakter Rasa
Ingin Tahu.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru kurang kreatif dalam
proses pembelajaran, guru cenderung hanya menggunakan metode ceramah
dalam penyampaian pembelajaran. Sehingga secara tidak sadar akan
membentuk karakter siswa yang pasif terutama pada sikap kemandirian dan
rasa ingin tahu siswa. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut
yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang
digunakan pada penelitian ini yaitu media puzzle. Media puzzle adalah
media yang digunakan untuk permainan membongkar dan menyusun
kembali kepingan puzzle sehingga menjadi bentuk yang utuh. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media puzzle dan
mengetahui pengaruh dari media puzzle dalam penguatan karakter mandiri
dan rasa ingin tahu pada siswa kelas II SDN Kebondalem-Mojosari.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu dengan
memberikan perlakuan (treatment) pada kelas eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan
angket. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas II A sebanyak 24 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebanyak 24 siswa sebagai kelas
kontrol.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media puzzle dalam penguatan karakter mandiri dan rasa ingin tahu pada siswa kelas II tema 3 subtema 4 pembelajaran 5 di SDN Kebondalem-Mojosari dikategorikan sangat baik. Dan hasil dari uji hipotesis karakter mandiri dan rasa ingin tahu pada kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa t hitung > t tabel atau Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh media puzzle terhadap penguatan karakter mandiri dan rasa ingin tahu pada siswa kelas II tema 3 subtema 4 pembelajaran 5 di SDN Kebondalem-Mojosari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:51
Last Modified: 13 Dec 2022 02:51
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2682

Actions (login required)

View Item
View Item