Wiyanti, Vega (2019) EFEKTIFITAS MEDIA WAYANG HEWAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS IV PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN DI SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (394kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (198kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (170kB)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (164kB)
Abstract
Wiyanti, Vega. 2019. Pengaruh Media Wayang Hewan Terhadap
Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SDN Tenggilis
Mejoyo I Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Dr. Rarasaning Satianingsih, S.E., M.Pd., (2)
Wahyu Susiloningsih, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Media wayang hewan, keterampilan menyimak, cerita.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan
guru dalam menggunakan media wayang hewan terhadap
keterampilan menyimak cerita siswa kelas IV pada tema 4 berbagai
pekerjaan di SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Mengetahui
aktivitas siswa dalam menggunakan media wayang hewan terhadap
keterampilan menyimak cerita siswa kelas IV pada tema 4 berbagai
pekerjaan di SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Mengetahui ada
atau tidaknya pengaruh media wayang hewan terhadap keterampilan
menyimak cerita siswa kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya.
Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Sampel pada penelitian ini
adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas
kontrol. Jenis penelitian ini termasuk penelitian Quasi Experimental
Design dengan desain posttest-only control group design (Nonequivalent
Control Group Design).
Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan
statistik parametris dengan menggunakan uji t dibantu dengan cara
manual. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan guru mendapat
presentase sebesar 86% dengan kriteria sangat tinggi, aktivitas siswa
mendapat presentase 85% dengan kriteria tinggi, dan uji hipotesis
diperoleh (4,83) > (2,000) yang artinya terdapat pengaruh
media wayang hewan terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas
IV pada tema 4 berbagai pekerjaan di SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 04:47 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 04:47 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2689 |