Ningrum, Aisyah Setya (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DAN UPAYA MENANGANINYA PADA SISWA KELAS V SD NEGRI SEDATI GEDE 02 KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (826kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (118kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (202kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (298kB)
Abstract
Setya, Aisyah. 2019. Analisis kesulitan belajar matematika dan
menanganinya pada siswa kelas V SD Negri Sedati Gede 02
Sidoarjo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Dosen Pembimbing I, Ida Sulistyawati, S.H., M.Pd., dan
Dosen Pembimbing II, Apri Irianto, S.H., M.Pd.
Kata Kunci: kesulitan belajar matematika, upaya menangani
kesulitan
Matematika merupakan salah satu ilmu
pengetahuan yang sangat penting bagi kehidupanan seharihari. Dengan dasar itulah matematika dalam kehidupan
sehari-hari, maka atas dasar itulah matematika harus
diajarkan pada saat siswa duduk di sekolah dasar. Dalam
upaya pencapaian tujuan pembelajaran matematika terdapat
banyak permasalahan yang muncul, sehingga tujuan
pembelajaran matematika belum tercapai secara maksimal.
Permasalahan tersebut mengakibatkan siswa mengalami
kesulitan belajar yang dapat berdampak pada rendahnya
prestasi siswa.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi kesuliatan belajar matematika dan upaya
menanganinya pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik tes, wawancara, dan angket
dengan subjek penelitian sejumlah 10 siswa. Teknik
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan
dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai tipe kesalahan, yakni pada kesulitan pemahaman konsep sebanyak 6 siswa atau 30%, kesulitan keterampilan matematika sebanyak 7 siswa atau 35% , dan kesulitan memecahkan masalah sebanyak 7 siswa atau
35%. Terdapat upaya yang dilakukan untuk mengatasi
kesulitan belajar matematika yaitu 1) mengajarkan
metamatika sesuai dengan teori, 2) menggunakan media
konkret 3) memperbanyak latihan soal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 03:55 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 03:55 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2690 |