PENGARUH MEDIA BATANG CUISENAIRE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN KETABANG SURABAYA TAHUN AJARAN 2018-2019

Sari, Filla Devi (2019) PENGARUH MEDIA BATANG CUISENAIRE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN KETABANG SURABAYA TAHUN AJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (657kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf.pdf] Text
Abstrak.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (89kB)
[thumbnail of Bab I.pdf.pdf] Text
Bab I.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf.pdf] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Sari, Filla Devi. 2019. Pengaruh Media Batang Cuisenaire Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Ketabang
Surabaya Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd. (2)
Drs. H. Atnuri, S.H., M.Pd.
Kata kunci: media Batang Cuisenaire, Hasil Belajar.
Pada penelitian ini didasarkan dengan kenyataan di lapangan
siswa yang beranggapan bahwa matematika sulit untuk dipahami.
Peranan sebuah media sangatlah diperlukan dalam proses kegiatan
pembelajaran. Dengan menggunakan media yang menarik serta
inovatif, yakni Batang Cuisenaire yang merupakan media
pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep
perkalian. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media batang cuisenaire terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Ketabang Surabaya.
Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui proses aktivitas guru
dan siswa dalam penggunaan media batang cuisenaire pembelajaran
matematika siswa kelas II SDN Ketabang Surabaya.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimental DesignPosttest Only Control Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 82, dengan menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji-t dan persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media batang cuisenaire terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Ketabang Surabaya dan aktivitas guru dan siswa dalam proses penggunaan media batang cuisenaire siswa kelas II SDN Ketabang Surabaya dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:03
Last Modified: 13 Dec 2022 06:03
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item
View Item