PENGARUH MEDIA CARTOON TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI TEMA 5 SUBTEMA 2 PB 1 KELAS III SDN NGAGEL REJO 1 SURABAYA

Aisha, Sindy Nur (2019) PENGARUH MEDIA CARTOON TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI TEMA 5 SUBTEMA 2 PB 1 KELAS III SDN NGAGEL REJO 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.doc.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.doc.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (695kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (150kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (264kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (273kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Aisha, Nur Sindy. 2019. Pengaruh Media Cartoon Terhadap
Keterampilan Menulis Narasi Tema 5 Subtema 2 Pb 1 Kelas
III SDN Ngagel Rejo 1 Surabaya. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd., (2) Drs. H.
Atnuri, S.H., M.Pd.
Kata Kunci: media cartoon, menulis narasi.
Penelitian ini didasarkan pada kenyataan yang ada dilapangan
bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat
pada saat menulis. Karena terbatasnya kosakata yang dimiliki oleh
peserta didik serta kurangnya imajinasi atau kreativitas untuk berfikir
saat menulis. Peranan media sangat diperlukan dalam kegiatan
pembelajaran. Dengan menggunakan media yang menarik dan
inovatif, yaitu media Cartoon yang merupakan alat bantu untuk
mempermudah peserta didik dalam menulis, khususnya menulis
narasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan
aktivitas dalam menggunakan media Cartoon Terhadap
Keterampilan Menulis Narasi Tema 5 Subtema 2 Pb 1 Kelas III SDN
Ngagel Rejo 1 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan
jenis penelitian Quasi Experimental Design- Postest Only Control
Design. Sampel penelitian peserta didik kelas III yang berjumlah 76,
menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data
menggunakan uji-t dan peresentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik dan
peserta didik dalam penggunaan media sangat baik yang diperoleh
hasil peresentase sebesar 88% dan 90% dan terdapat pengaruh
media Cartoon terhadap keterampilan menulis narasi tema 5
subtema 2 pb 1 kelas III SDN Ngagel Rejo 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:39
Last Modified: 13 Dec 2022 04:39
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item
View Item