KESANTUNAN POSITIF DAN NEGATIF DALAM INTERAKSI MAHASISWA KOS DI LINGKUNGAN KAMPUS ADI BUANA SURABAYA

MADANIYAH, NURUL (2019) KESANTUNAN POSITIF DAN NEGATIF DALAM INTERAKSI MAHASISWA KOS DI LINGKUNGAN KAMPUS ADI BUANA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (522kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (36kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (255kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (832kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Madaniyah, Nurul 2018 Kesantunan Positif dan Negatif dalam
Interaksi Mahasiswa Kos di Lingkungan Kampus Adi
Buana Surabaya. Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing : Dra. Luluk Isani Kulup, M.Pd.
Kata Kunci : Strategi Kesantunan Positif, Strategi Kesantunan
Negatif
Bahasa digunakan manusia dalam berbagai aktivitas untuk
memenuhi kebutuhan dalam hidupnya. Bahasa mengandung kaidahkaidah yang mengatur seseorang bertutur agar hubungan antar
individu dapat terpelihara dengan baik. Dalam kaitan ini, masyarakat
pengguna bahasa dalam situasi dan mencapai tujuan tertentu akan
berusaha memilih dan menggunakan tuturan yang sesuai dengan
situasi pertuturan agar peserta tutur dapat saling berinteraksi dengan
baik.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi
kesantunan positif dan strategi kesantunan negatif dalam interaksi
mahasiswa kos di lingkungan kampus Adi Buana. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teori kesantunan berbahasa
menurut Brown dan Levinson.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik libat cakap, teknik bebas libat cakap, teknik rekam, teknik catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni metode heuristik dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan penggunaan strategi positif meliputi (1) memberikan perhatian dan simpati kepada Mt,(2)menggunakan penanda identitas, (3) meminta persetujua, (4) mengulang ujaran, (5) menggunakan gurauan, (6) menunnjukkan keoptimisan,(7) memberikan tawaran atau janji, (8) melibatka Mt dalam aktivitas, (9) meminta alasan atau memberikan pertanyaan, dan (10) memberikan hadiah. Sedangkan strategi kesantunan negatif meliputi (1)mengunakan ujaran tidak langsung, (2)meminta maaf,(3)menggunakan bentuk impersonal, (4) menggunakan ketentuan yang bersifat umum, dan (5) memberikan penghormatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:04
Last Modified: 14 Dec 2022 04:04
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2737

Actions (login required)

View Item
View Item