Pengaruh Kegiatan Menganyam Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Darussalam Jogosatru Sukodono Sidoarjo

Maqfulla, Merita Ainun (2019) Pengaruh Kegiatan Menganyam Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Darussalam Jogosatru Sukodono Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN SCAN MERITA.pdf] Text
HALAMAN DEPAN SCAN MERITA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (193kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (214kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (199kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Maqfulla, Merita Ainun. 2019. Pengaruh Kegiatan Menganyam
Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia
4-5 Tahun di RA Darussalam Jogosatru Sukodono
Sidoarjo. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Drs. Achmadi M.Ed.
Kata Kunci: Menganyam, Pengenalan Warna
Kemampuan mengenal warna merupakan salah satu
kemampuan penting yang harus dikembangkan pada anak, karena
dapat membantu anak dalam menetahui warna primer untuk
kehidupan dimasa mendatang. Anak kelompok A di RA Darussalam
Jogosatru Sukodono masih kurang optimal dalam mengenal warna.
Penelitian ini dilatar belakangi karena anak belum bisa membedakan
warna dengan baik, dan anak juga belum bisa menyebutkan jenis
warna. Untuk itu penulis meneliti dengan judul “Pengaruh Kegiatan
Menganyam Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak
Usia 4-5 Tahun di RA Darussalam Jogosatru Sukodono Sidoarjo”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji ada atau tidaknya
pengaruh kegiatan menganyam terhadap kemampuan mengenal
warna pada anak usia 4-5 tahun di RA Darussalam Jogosatru
Sukodono Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan
adalah Pre-Experimental Design dangan jenis One Grup PretestPosttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok
A di RA Darussalam Jogosatru Sukodono Sidoarjo yang berjumlah
29 anak. Penelitian ini dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan, dengan 1 kali pre-test, 6 kali treatment, dan 1 kali post-test. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes, observasi, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis dengan statistik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa media menganyam berpengaruh terhadap kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A di RA Darussalam Jogosatru Sukodono Sodoarjao Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:17
Last Modified: 16 Dec 2022 04:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2852

Actions (login required)

View Item
View Item