Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Pedestrian Di Jalan Tambakrejo

Putra, Dirgantara Wahyu (2019) Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Pedestrian Di Jalan Tambakrejo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (244kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (104kB)
[thumbnail of BAB 1 PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (819kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (151kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Berdasarkan RTRW Kota Surabaya tahun 2010 – 2030 Jalan Tambakrejo Kecamatan Tambaksari masuk dalam UP IV yaitu memiliki fungsi utamapermukiman, perdagangan, pendidikan dan kesehatan. Beralih fungsi menjadi tempat berdagang PKL dan parkir liar menjadikan jalur pedestrian ini mengganggu para pejalan kaki. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi eksisting kinerjapedestrian dan Persepsi masyarakat di Jalan Tambakrejo. Metode penelitian yang digunakanadalah deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis LOS (level of service ) sertaskoring. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dokumentasi dan berdasarkan persepsi masyarakat. Hasil penelitian ini menjelaskan tingkat kinerja pedestrian.berdasarkan segmen 1 masuk pada kategori LOS A dengan nilai ≤ 0.08 artinya pejalan kaki bergerak dijalur yang diinginkan tanpa mengubah gerakan mereka dalam merespon pejalan kaki lainnya. Sedangkan untuk segmen 2 masuk pada kategori LOS E dengan nilai ≤ 1.00 artinya semua pejalan kaki membatasi kecepatan berjalan normal mereka, seringkali menyesuaikan gerak tubuh mereka. Persepsi masyarakat terhadap kinerja pedestrian dilihat dari aspek Kenyamanan sangat kurang dengan nilai 106, karena kebersihan dan sirkulasi yang ada di sepanjang jalur pedestrian di jalan tambakrejo sangat kurang untuk kebersihan di jalan tambakrejo masih banyak sampah yang berserahkan dan tidak ada tempat sampah yang tersebar di sepanjang pedestrian tersebut untuk aspek Kemudahan dinilai kurang dengan nilai 58, hal tersebut di sebabkan karena di sepanjang jalur pedestrian tersebut kapasitas pedestrian sangat minim, adanya parkir liar dan sebaran fasilitas yang kurang sedangkan aspek Keamanan dinilai cukup dengan nilai 58, karena di sepanjang jalur pedestrian hanya kurang nya pelindung bagi para pejalan kaki sehingga keamanan bagi para pejalan kaki sangat kurang.
Kata Kunci: Kinerja pedestrian, Pedestrian, Persepsi masyarakat,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 20 Dec 2022 05:07
Last Modified: 20 Dec 2022 05:12
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2928

Actions (login required)

View Item
View Item