PENGGUNAAN TEKNIK SELFT-MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MEMILIH KARIER PESERTA DIDIK SMA Dr. SOETOMO

Abson, Yakobus (2022) PENGGUNAAN TEKNIK SELFT-MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MEMILIH KARIER PESERTA DIDIK SMA Dr. SOETOMO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (871kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (118kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (315kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (412kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Keywords: Self-Management, Konseling Kelompok, Kemandirian
Karier
Penelitian ini di latar belakangi rendahnya kemandirian peserta didik dalam
memilih karier. Hal ini disebabkan kurangnya sikap percaya diri yang
ditandai, peserta didik masih ragu dalam memilih karier dan kebingungan
untuk menentukan keputusan kariernya. Permasalahan yang diteliti adalah
“Apakah penggunaan strategi self-management dalam konseling kelompok
secara signifikan dapat meningkatkan kemandirian peserta didik dalam
memilih karier? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikan
penggunaan teknik self-management dalam konseling kelompok dalam
meningkatkan kemandirian peserta didik dalam memilih karier. Penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan One Group Pretest-Posttest
Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 peserta didik kelas XI
SMA Dr. Soetomo. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan
teknik purposive sampling diperoleh 5 peserta didik. Metode pengumpulan
data yang digunakan yaitu skala pengukuran yang telah dilakukan uji
validitas diperoleh nilai signifikansi 0,00-0,05 dengan reliabilitas Alpha
Cronbach sebesar 0,880. Metode analisis data yang digunakan adalah uji T
statistika parametrik uji Independent Samples Test dengan menggunakan
SPSS for windows versi 26.0 diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang artinya
signifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan
teknik self-management dalam konseling kelompok secara signifikan dapat
meningkatkan kemandirian memilih karier peserta didik kelas XI SMA Dr.
Soetomo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:14
Last Modified: 27 Dec 2022 02:14
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3462

Actions (login required)

View Item
View Item