ANAGRAM GAMES ON TEACHING VOCABULARY IN SMAN 15 SURABAYA

Natasia, Shevira (2020) ANAGRAM GAMES ON TEACHING VOCABULARY IN SMAN 15 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (293kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (10kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (166kB)
[thumbnail of 8. Dapus dan Lampiran.pdf] Text
8. Dapus dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (878kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Permainan anagram, Pengajaran kosakata
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan guru
dalam menerapkan permainan anagram pada pengajaran kosakata.
Kosakata adalah salah satu unsur terpenting dalam suatu bahasa
tetapi banyak siswa yang sedikit tertatik pada kosakata karena teknik
yang digunakan mungkin tidak cocok dan metode pengajarannya
tetap tidak berubah. Dalam proses belajar mengajar kosakata
menggunakan permainan anagram di kelas menjadi lebih
menyenangkan dan kegiatan belajar menjadi lebih aktif.
Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Data pada
penelitian ini ada di kelas selama kegiatan proses pembelajaran dan
sumber data adalah siswa kelas X MIPA 3 dan guru di SMAN 15
Surabaya. Peneliti mengumpulkan data dari angket, wawancara, dan
pengamatan yang dilakukan oleh salah satu rekan. Peneliti juga
menggunakan triangulasi dalam keabsahan data.
Peneliti mejelaskan bahwa data penelitian telah dilakukan
untuk mendapatkan data yang jelas tentang hasil penelitian dan
diskusi yang diperlukan pada permainan anagram dalam pengajaran
kosakata. Dari angket diketahui bahwa dari 100%, 50% mewakili
jawaban sangat setuju jika permainan anagram digunakan dalam
pengajaran kosakata. 42% mewakili jawaban setuju jika permainan
anagram diterapkan pada pengajaran kosakata dan 8% mewakili
jawaban tidak setuju jika permainan dapat membantu siswa pada
kosakata mereka. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa
menggunakan permainan anagram pada pengajaran kosakata di kelas
10 di SMAN 15 Surabaya dapat dinikmati, menyengkan dan
menarik. Ini juga dapat membantu belajar kosa kata dengan lebih
mudah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:04
Last Modified: 06 Apr 2023 04:36
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3544

Actions (login required)

View Item
View Item