NYUWONO, NOVAN PRSETYA (2020) WORLD ENGLISHES IN SENIOR HIGH SCHOOL TEXTBOOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (563kB)
2. Abstract .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (748kB)
3. bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (319kB)
8. daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (784kB)
Abstract
Keywords: world englishes and textbook analysis.
Di Indonesia, sangatlah tidak mudah dan tidak terlalu
dapat diharapkan terhadap English Language Teaching (ELT) untuk
bisa membuat semua siswa menjadi seorang Non Native Speakers
bahasa Inggris, yang bisa bersikap dan berfikir seperti penduduk
asli Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk melihat World Englishes
yang ada dalam buku teks bahasa Inggis untuk Sekolah Menengah
Atas dan bagaimanakah World Englishes itu diterapkan dalam buku
tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan mulai bulan Oktober 2019 sampai dengan
bulan November 2019. Data yang digunakan diambil dari teks
naratif yang terdapat dalam bab 12, 13, dan 14 dalam buku teks
yang berjudul “Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Atas Edisi
Revisi 2017”. Dalam pengumpulan datanya, peneliti menggunakan
cara mendokumentasikan kata-kata atau kalimat yang mengandung
World Englishes serta melakukan tabulasi data yang sudah
dikumpulkan oleh peneliti. Dengan menggunakan teori Kachru yang
berjudul “Three Circles of English”, peneliti menganalisis data dan
menampilkan data tersebut dalam benttuk tabel yang sudah didesain
sesuai dengan teori tersebut, seperti inner circle, outer circle dan
expanding circle. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa teks
naratif yang terdapat di dalam bab 12, 13, dan 14 terdapat World
Englishes yang diterapkan dengan berbagai circle. Teks dalam babbab tersebut menunjukkan bahwa 20% merupakan kemunculan inner
circle dan 80% sisanya menunjukkan kemunculan dari expanding
circle. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti berharap bahwa peneliti
lainya juga bisa menggunakan kajian ini untuk melakukan penelitian
lainya tentang World Englishes namun dengan objek yang berbeda,
seperti teks deskriptif atau teks yang lainya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 06:27 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 06:27 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3626 |