PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BOLA TANGAN MELALUI METODE MODIFIKASI ALAT UNTUK SISWA DI SMP KARTINI TAMAN

Syamsudin, Mohammad Nur (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BOLA TANGAN MELALUI METODE MODIFIKASI ALAT UNTUK SISWA DI SMP KARTINI TAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1.COVER.pdf] Text
1.COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (32kB)
[thumbnail of 2.HALAMAN DEPAN dan ABSTRAK.pdf] Text
2.HALAMAN DEPAN dan ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (706kB)
[thumbnail of 3.BAB 1.pdf] Text
3.BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (613kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (288kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: model pembelajaran, bola tangan, modifikasi.
Kurangnya bentuk variasi dalam permainan bola tangan yang
diberikan sebagai materi di Sekolah Menengah Pertama membuat
permainan bola tangan menjadi kurang menarik bagi siswa. Padahal
apabila permainan bola tangan dikemas dalam bentuk yang berbeda
akan menambah antusias siswa dalam mengikuti kegiatan
pembeajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan
menghasilkan sebuah produk berupa model pengembangan
pembelajaran penjas melalui permainan bola tangan untuk siswa
kelas IX SMP Kartini Taman Kabupaten Sidoarjo dalam mata
pelajaran PJOK.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research
and Development). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX
SMP Kartini Taman, Sidoarjo. Pengambil8an data dalam penelitian
ini menggunakan lembar evaluasi dan kuesioner. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian dengan instrumen lembar kuesioner siswa, dari
hasil uji validasi semua item soal dinyatakan valid karena hasil rhitung
lebih besar dari rtabel, berdasarkan kriteria yang telah ditentukan ratarata hasil uji validitas peneltian ini masuk dalam kriteria “Rendah”.
Sedangkan dari hasil uji reliabilitas semua item dinyatakan reliabel
(0,883) masuk kriteria reliabilitas “Sangat Tinggi”. Dengan hasil
yang didapat tersebut, menunjukkan bahwa model permainan bola
tangan ini layak dimainkan dan digunakan untuk menyampaikan
materi pembelajaran penjas untuk siswa kelas IX SMP Kartini
Taman, Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:23
Last Modified: 20 Feb 2023 04:23
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3764

Actions (login required)

View Item
View Item