Fadilah, Dianul (2019) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (310kB)
BAB I A5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (211kB)
DAFTAR PUSTAKA A5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (174kB)
Abstract
Dianul, Fadilah. 2019. Pengaruh Penggunaan Teknik Diskusi
Kelompok dalam Bimbingan Kelompok terhadap
Perencanaan Karier Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Wachid
Hasyim 2 Taman Sidoarjo Tahun Ajaran 2018/2019.
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya.
Pembimbing: Dr. Hartono, M.Si.
Kata Kunci: Teknik Diskusi Kelompok, bimbingan kelompok,
Perencanaan Karier.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji signifikansi
pengaruh penggunaan teknik diskusi kelompok dalam bimbingan
kelompok terhadap perencanaan karier siswa kelas XI SMA Wachid
Hasyim 2 Taman Sidoarjo Tahun Ajaran 2018/2019.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian praeksperimental dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design,
pada populasi 40 orang siswa kelas XI IPA 4 SMA Wachid Hasyim 2
Taman Sidoarjo. Penelitian ini melibatkan 6 orang siswa kelas XI IPA
4 SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo sebagai sampel penelitian
yang diambil secara purposive sampling.
Metode pengumpulan data menggunakan skala pengukuran
yang telah dilakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas alpha
cronbach. Hasil uji validitas butir skala pengukuran perencanaan
karier siswa kelas XI IPA 4 SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo
antara 0,001-0,913. Hasil uji reliabilitas alpha cronbach sebesar
0,715. Data penelitian dianalisis menggunakan SPSS for Windows
versi 23.00 dengan analisis data statistika parametrik menggunakan
teknik Uji Paired T-test.
Hasil Uji Paired T-test diketahui dengan nilai Sig. (2-tailed)
yang bernilai 0,001 < 0,05 (taraf signifikan) maka dapat disimpulkan
bahwa Hₐ diterima dan H₀ ditolak yang artinya adanya perbedaan yang
signifikan antara pre-test dan post-test. Maka terdapat “pengaruh
penggunaan teknik diskusi kelompok dalam bimbingan kelompok
terhadap perencanaan karier siswa kelas XI SMA Wachid Hasyim 2
Taman Sidoarjo”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:20 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:20 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3799 |