PENGARUH LATIHAN PASSING ATAS DENGAN MENGGUNAKAN PASSING SATU TANGAN DAN PASSING DUA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN TOSER DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DI SMP NEGERI 48 SURABAYA

Butarbutar, Fransiskus K (2020) PENGARUH LATIHAN PASSING ATAS DENGAN MENGGUNAKAN PASSING SATU TANGAN DAN PASSING DUA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN TOSER DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DI SMP NEGERI 48 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1-halaman depan.pdf] Text
1-halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2-ABSTRAK.pdf] Text
2-ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12kB)
[thumbnail of 3-BAB I.pdf] Text
3-BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (18kB)
[thumbnail of 8-daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8-daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: latihan, passing atas, kemampuan, Bola voli.
Permainan bola voli adalah olahraga yang menggunakan bola
besar yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim
memiliki 6 orang pemain. Permainan bola voli ini memiliki teknik
dasar, yaitu passing atas dan bawah, servis atas dan bawah, smas,
dan blocking.
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui berkembang
tidaknya kemampuan seorang toser dalam melakukan passing/umpan
dengan menggunakan latihan passing atas menggunakan passing
satu tangan dan passing dua tangan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian
tindakan kelas menggunakan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji
t, uji normalitas, uji homogen, uji paired sampel T tes.
Hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan dalam melakukan
passing/umpan yaitu tes siklus I diperoleh 5 siswa atau 33,3% siswa
tuntas dalam melakukan gerak passing atas dan 10 siswa atau 66,7%
siswa belum tuntas. Kemudian pada hasil tes di siklus II
menunjukkan 13 siswa atau 86,7% siswa tuntas dalam melakukan
gerak passing atas dan 2 siswa atau 13,3% siswa belum tuntas.
Berdasarkan hasil rerata yang diperoleh tersebut dapat dikatakan
terjadi peningkatan 53,4 % pada siklus II dari siklus I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:31
Last Modified: 20 Feb 2023 04:31
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3840

Actions (login required)

View Item
View Item