PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI CINEMA THERAPY DALAM KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 SURABAYA

RAMADAN, SAIFUL (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI CINEMA THERAPY DALAM KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (943kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (95kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (89kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Ramadan, Saiful. 2018. Pengaruh penggunaan strategi cinema therapy
dalam konseling islami untuk meningkatkan motivasi belajar
siswaTahun ajaran 2017/2018. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Boy Soedarmadji, S.Pd,.
M.Pd
Kata kunci: Strategicinema therapi, Konseling islami, motivasi belajar
siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji signifikansi pengaruh
penggunaan strategi cinema therapy dalam konseling islami untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 12
Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian praeksperimental dengan rancangan one group pretest posttest design dan
penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas VIII A SMP Negeri 12 Surabaya
sebagai sampel penelitian yang diambil secara purposive sampling.
Metode pengumpulan data ini menggunakan skala pengukuran yang
telah dilakukan diuji validitas butir dan uji realibilitas alpha chronbach.
Hasil uji validitas butir skala pengukuran rasa rendah diri siswa kelas
VIII A SMP Negeri 12 Surabaya antara 0,315-0,779, sedangkan hasil uji
uji reliabilitas alpha cronbach sebesar 0,931. Data penelitian dianalisis
menggunakan bantuan SSPS For Windows versi 32.0 dengan analisis
data statistic non parametric yang menggunakan teknik uji Wilcoxon.
Hasil dari pemberian perlakuan strategi Cinema therapi menunjukan
peningkatan kategori. Hasil pretest dan posttest adalah responden
ARLN dari 65 menjadi 122, responden FARAH dari 65 menjadi 113,
responden ECHA dari 67 menjadi 108, responden SAIFUL dari 65
menjadi 113, responden ODILIA dari 45 menjadi 115 responden
ZASKIA dari 60 menjadi 115. Dari penelitian ini ditemukan bahwa
penggunaan strategi cinema therapi dalam konseling islami memiliki
pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
kelas VIII A SMP Negeri 12 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:38
Last Modified: 24 Jan 2023 07:38
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3855

Actions (login required)

View Item
View Item