Understanding Students’ Motivation Of Selecting Elt As Their Study Programme

Fitriana, Hesti Nadlatul (2019) Understanding Students’ Motivation Of Selecting Elt As Their Study Programme. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (465kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (22kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (83kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (580kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Motivasi adalah salah satu aspek keberhasilan dalam belajar. Motivasi yang kuat dapat membantu individu mencapai tujuan mereka. Dalam pembelajaran bahasa, memiliki motivasi yang kuat akan membantu siswa untuk kehidupan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami motivasi siswa dalam memilih ELT sebagai program studi mereka di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Secara lebih spesifik, penelitian ini mencari faktor-faktor internal dan eksternal yang berkontribusi pada motivasi mereka dalam memilih ELT sebagai program pilihan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah sembilan mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Mereka adalah mahasiswa semester 7, yang terdiri dari 3 mahasiswa laki-laki dan 6 mahasiswa perempuan. Data diperoleh dengan wawancara observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa ada motivasi internal dan motivasi external. Diantara motivasi internal, yaitu: (1) Memilih ELT karena gairah, (2) Keinginan untuk dapat berbicara bahasa Inggris, dan (3) Ketersediaan untuk menjadi guru bahasa Inggris. Adapun motivasi eksternal, yaitu: (1) Berdasarkan tes psikologi, (2) Berdasarkan pada program studi di sekolah sebelumnya, (3) Tidak ada alasan yang kuat, (4) Rekomendasi dari guru kursus bahasa Inggris, (5) Pengaruh pekerjaan, dan (6) Harapan orang tua. Secara keseluruhan, dapat dikatakan bahwa motivasi eksternal lebih persuasif daripada motivasi internal. Oleh karena itu penelitian ini, menunjukkan bahwa faktor eksternal dapat memiliki dampak yang lebih besar dalam pemilihan program ELT di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Kata kunci: Siswa, Motivasi, ELT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:34
Last Modified: 30 May 2023 02:47
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3894

Actions (login required)

View Item
View Item