Teaching Reading Comprehension Through Herringbone Technique To Students In SMKN 8 Surabaya

Dai, Yohana (2019) Teaching Reading Comprehension Through Herringbone Technique To Students In SMKN 8 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (524kB)
[thumbnail of 2. ABSTRACT.pdf] Text
2. ABSTRACT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (206kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (69kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengajaran pemahaman membaca melalui Teknik Herringbone (HBT) yang dapat membantu siswa dalam membaca pemahaman. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks; kebanyakan dari mereka hanya membaca tanpa mengetahui apa yang mereka baca dan mereka malas membaca jika teksnya terlalu panjang. Untuk membuat Siswa merasa senang, tertarik dan mudah memahami a teks, peneliti menggunakan HBT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan peneliti mendapatkan data dari langkah-langkah penggunaan HBT dan nilai siswa. Itu sumber data adalah guru dan siswa di SMKN 8 Surabaya
Kelas Tata Busana 1. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi kepada siswa, nilai siswa, dan angket kepada siswa. Untuk analisis data peneliti menggunakan reduksi data, tampilan data dan kesimpulan data, dan dia menemukan beberapa kesimpulan yaitu: pertama, berdasarkan nilai siswa dia menemukan bahwa siswa mendapat skor lebih dari kriteria minimum pencapaian. Kedua, berdasarkan observasi data, dia menemukan bahwa guru menerapkan langkah-langkah mengajar membaca pemahaman melalui HBT dengan baik. Yang terakhir, berdasarkan data kuesioner dia menemukan bahwa sebagian besar siswa menyatakan bahwa HBT dapat membantu mereka untuk memahami teks dengan baik. Oleh karena itu, hasil penelitian ini tentang penggunaan HBT dalam Pengajaran Membaca Pemahaman dapat membantu siswa memahami teks dengan baik.
Kesimpulannya, penggunaan HBT dalam pembelajaran Reading Pemahaman dapat membantu siswa untuk memahami teks lebih mudah. Akhir kata, peneliti berharap penelitian ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman bacaan siswa. Untuk sekolah, peneliti menyarankan bahwa teknik ini cocok untuk diterapkan bagi siswa kelas X SMA sekolah. Untuk para guru, peneliti menyarankan untuk menggunakan ini teknik untuk mengembangkan dan membantu siswa Reading Pemahaman karena menggunakan HBT siswa lebih banyak antusias, menyenangkan dan aktif selama mengajar dan proses pembelajaran. Bagi peneliti lain, saran peneliti untuk melakukan penelitian pada bidang yang sama tetapi dalam teks lain.
Kata kunci: teknik herringbone, membaca siswa pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 14 Feb 2023 08:31
Last Modified: 30 May 2023 03:14
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

View Item
View Item