Istiqomah, Siti Nur (2019) EFEKTIVITAS STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK CBT UNTUK MENGURANGI KERAGUAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA KELAS IX MTS HASANUDDIN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (539kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (206kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (107kB)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Istiqomah, Siti Nur. 2019. Efektivitas Strategi Restrukturing Kognitif
dalam Konseling Kelompok CBT untuk Mengurangi Keraguan
dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas IX Mts
Hasanuddin Sidoarjo Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. H. Sutijono, M.M.
Kata Kunci: Konseling Kelompok CBT, Restrukturing Kognitif,
Karir.
Pengambilan keputusan karir merupakan suatu proses dimana
individu menentukan pilihan karir yang sesuai dengan bakat dan
minat individu pada pemahaman diri yang akan dikembangkannya
dalam perkembangan karir dengan melihat berbagai faktor-faktor
yang akan dihadapi individu dalam pengambilan suatu keputusan
karir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan one
group pre-test post-test design. Sampel yang digunakan penelitian ini
adalah 6 siswa kelas IX yang memiliki keraguan dalam pengambilan
keputusan karir.
Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan teknik statistika
non-parametrik uji Wilcoxon diperoleh hasil bahwa terjadi
penurunan nilai rata-rata (mean) score variabel keraguan dalam
pengambilan keputusan karir siswa pada N = 6. Nilai mean sebelum
diberikan layanan konseling kelompok CBT sebesar 84,67 dengan
nilai standar deviasi sebesar 1,633. Sedangkan setelah diberikan
layanan konseling kelompok CBT nilai mean menurun menjadi
79,00 dengan standar deviasi sebesar 3,742. Hasil interpretasi
menggunakan uji Wilcoxon diketahui bahwa Asymp. Sig (2-tailed)
bernilai 0,027. Karena nilai 0,027 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat
disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan
bahwa strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok
CBT secara signifikan dapat menurunkan keraguan dalam
pengambilan keputusan karir siswa kelas IX Mts Hasanuddin
Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:37 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 01:19 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/393 |